Feeds RSS
Feeds RSS

Jumat, 01 Juni 2012

Pidato


Pidato adalah menyampaikan pikiran dalam bentuk kata-kata yang disampaikan kepada banyak orang.
Nih,, gue ada contoh pidato buat temen-temen !


Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh …
Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah,
Yth. Bapak/Ibu Guru Pembimbing Bahasa Indonesia,
Serta rekan-rekan pelajar yang saya sayangi dan saya banggakan.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas karunia-Nya kita diperbolehkan berkumpul di kelas ini untuk melaksanakan Ujian Praktik Sekolah.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang lingkungan yang bersangkutan dengan pencemaran sungai. Pertama-tama saya akan menyampaikan pengertian dari lingkungan, menurut saya lingkungan adalah ruang lingkup di mana makhluk hidup bisa bergerak bebas dan melakukan aktivitasnya. Saat ini di Indonesia sudah sangat banyak sungai yang tercemar akibat perbuatan kita sendiri. Ratusan pabrik dari skala kecil hingga skala besar banyak yang membuang limbahnya ke sungai.
Secara ekonomis memang hal ini jauh lebih murah dari pada mengolahnya terlebih dahulu atau menyaring dan menghilangkan zat-zat berbahaya yang terkandung dalam limbah tersebut. Tapi justru keekonomisan ini dapat berdampak sangat besar dan membutuhkan dana puluhan kali lipat dari penghematan yang dilakukan pabrik tersebut untuk memperbaikinya. Selain itu ratusan atau ribuan orang masih membuang sampah ke sungai, hampir segala sampah, kebanyakan adalah plastik. Apa jadinya air yang sudah tercemar limbah dari pabrik tercemar juga limbah rumah tangga? Padahal, masih ada masyarakat yang menggunakan air dari sungai ini untuk keperluannya, seperti mencuci, berenang, mandi bahkan untuk dikonsumsi. Memang mereka mencuci dan berenang di daerah yang jauh dari tumpukan sampah, tapi apa itu menjamin air yang mereka gunakan bebas dari limbah? Tentu tidak. Semua air yang ada disitu otomatis tercemar. Dan yang lebih parah lagi, kebanyakan rumah disekitar dan disepanjang sungai membuang limbah kakus mereka ke sungai. Bagaimana bisa sungai yang airnya sudah dicemari limbah dengan segala kandungan zat kimia yang berbahaya dan beracun, sampah rumah tangga dan bahkan sampah dari tubuh manusia dipergunakan untuk mencuci, berenang, mandi, maupun untuk dikonsumsi ? Dari hal-hal tersebut bisa kita lihat sebenarnya air sungai itu bisa digunakan, mungkin cukup dilakukan penyaringan atau filterisasi agar air itu bisa menjadi air bersih. Tapi itu bisa dilakukan jika air tidak tercemar zat-zat berbahaya. Tapi ternyata kebanyakan sungai di Indonesia tidak bisa dijadikan apa-apa lagi karena sudah tercemar zat-zat berbahaya yang dibuang manusia secara sadar.

Berdasarkan keterangan di atas marilah kita menghemat dan menjaga air bersih dari sungai, itu bukan hanya untuk kita, tapi juga untuk generasi mendatang, untuk anak cucu kita, agar mereka dimasanya nanti tidak kekurangan dan kesulitan air bersih.  Mari kita jaga dan lestarikan lingkungan kita !

Saya berharap, kita semua bisa menjaga lingkungan kita sebaik-baiknya karena lingkungan sangat berperan penting bagi kehidupan semua makhluk hidup. Mulai dari sekarang buanglah sampah pada tempatnya. Jangan lagi membuat sampah di sungai apa lagi zat-zat yang berbahaya seperti limbah pabrik. Bagi pabrik-pabrik yang membuang limbahnya ke sungai mohon untuk tidak memikirkan keuntungan diri sendiri, anda memang akan untung tapi bagaimana dengan nasib masyarakat sekitar yang sebagian besar kebutuhan hidupnya bertungku pada sungai tersebut. Itu sama saja dengan anda sejahtera di atas penderitaan orang lain.

Demikianlah pidato singkat dari saya, semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan kata mohon dimaafkan karena saya juga hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Saya akhiri, wabillahi taufik walhidayah.

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

0 komentar:

Posting Komentar